Kayu Jati merupakan salah satu kebanggaan negeri ini, mengingat Indonesia setidaknya pernah memiliki Hamparan Hutan Jati terluas di Dunia. Sisa sisa kejayaan tersebut masih melekat bahwa Produk Jati dari Indonesia masih tetap yang terbaik. Sedangkan Rotan Alami dari indonesia tetap menjadi yang terbesar di dunia. Banyak jenis dan ukuran Rotan dari indonesia yang bisa dijadikan bahan baku untuk segala kebutuhan, dari kerajinan, perabot rumah tangga hingga konstruksi bangunan. Kombinasi kedua bahan baku ini sejak lama sudah dipadu padankan menjadi banyak sekali produk dengan desain yang istimewa dan sudah di kirim ke beberapa negara eropa dan USA.

Item-item kombinasi Jati dengan Rotan yang sering kami produksi adalah Meja dan Kursi Makan, serta Meja Kursi Tamu. Dalam 2 tahun ini ketika musim pandemic virus corona melanda dunia, terjadi pergeseran Desain Dekorasi Interior baik untuk hunian rumah, hotel dan apartemen dimana unsur Jati dikombinasikan dengan Rotan Alami, juga kombinasi dengan Rotan Sintetis. Beberapa poyek hotel di Jogya, Bandung, Bali dan Jakarta yang kami tangani hingga sekarang malah sangat mengekspos Rotan Sintetis untuk sebagian besar desainnya: Ruang Lobby, Atap Ceilling, Sekat Ruangan, Meja Bar Kursi Bar, Meja dan Kursi Makan, Sofa Tamu, Spfa Lounge, Interior Ruang Dalam dan Luar Ruangan.

Kerajinan anyaman rotan alami mampu bersaing dipasar internasional terwakili dengan item anyaman tas, kerajinan souvenir, anyaman untuk aktifitas piknik, dan anyaman untuk hiasan vas pot bunga. Pasar lokal domestik juga sangat menggemari beragam hiasan rumah terbuat dari Rotan Alami dan Rotan Sintetis.

Kayu Jati yang kami pakai diseleksi sangat ketat, berumur lebih 30 tahun, pengeringan kayu jati secara alami dibawah terik matahari, diproses menjadi komponen dengan teknologi mesin industri terkini sehingga menghasilkan kualitas istimewa. Untuk Rotan Alami yang sering kami pakai adalah rotan kulit atau sering disebut webbing. Dengan anyaman webbing ini kerika kami padukan dengan kayu jati, Produk yang kita desain selalu bisa diterima oleh pelanggan lama dan pembeli baru kami dimanapun mereka berada.

kursi depan rumah dari rotan

kursi depan rumah dari rotan

Kerajinan Meja dan Kerajinan Kursi dari Rotan.

Berbincang tentang kerajinan anyaman seperti rotan, enceng gondok, kulit pohon pisang dan lainnya selalu asyik dan menggairahkan. Hal yang paling menarik adalah anyaman punya banyak variasi dari sisi bahan baku, warna, maupun harga. Kategori Meja dan Kursi dari bahan Rotan selalu mendominasi permintaan pasar baik untuk pasar lokal domestik maupun pasar ekspor.

Variasi Meja Rotan dan Kursi Rotan bisa mencapai ratusan hingga ribuan model. Dari yang klasik, modern hingga minimalis selalu ada penggemarnya. Untuk hunian rumah sederhana, Meja Kursi dari Rotan sering dipilih dengan ukuran meja 80 x 80 cm atau 90 x 90 cm atau 180 x 90 cm dipadukan dengan 4 kursi makan atau 6 kursi makan. Rumah besar cenderung menggunakan ukuran meja 200 – 300 cm lebar 100 cm untuk kemudian dipadukan dengan 8 – 10 kursi makan bahkan 12 kursi makan sebagai ruang perjamuan para tamu dari keluarga besar. Anyaman Rotan Alami dan Anyaman Rotan Sintetis sebagai salah satu bentuk kerajinan tradisional turun temurun dari nenek moyang bangsa Indonesia sangat membanggakan kita warga negaranya. Hanya di Indoneia inilah Kerajinan Anyaman Rotan dikembangkan secara massive dan menjadi raja di negeri sendiri.