Kualitas Anyaman Rotan. Mutu utama atas produk rotan anyaman bergantung pada beberapa faktor : Bahan Baku, Desain yang pas, akurasi presisi ukuran produk, tingkat kerapian anyaman, etos kerja pengrajin kayu dan anyaman rotan, kendali mutu kualitas (kontrol kualitas), dan penjadwalan serta pengoptimalan waktu di tiap prosesnya hingga waktu pengiriman. Kerjasama seluruh lini tim produksi dengan tim marketing sangat diperlukan dalam memastikan segala sesuatunya berjalan sesuai yang telah ditetapkan. Kualitas dan Waktu kirim menjadi hal paling utama yang harus kita terapkan agar bisnis kerajinan furniture terus berkembang.

1.Seleksi Bahan Baku. Bahan baku rotan alami kami beli dari cirebon dan surabaya. Beberapa nama jenis rotan alami yang populer digunakan untuk bahan baku perabot furniture dan dekorasi interior: rotan tebu, rotan cincin, rotan cakre, rotan boga, rotan aurense, rotan somi, rotan zipeli, rotan calamus, dan rotan demonorops. Perlakuan atas bahan baku rotan hampir sama, di panen ketika tanaman rotan pada fisik yang sempurna dan cuaca yang sangat memadai. Tim seleksi kami sangat memahami karakter rotan alami, sehingga mereka sangat seleksi untuk sortir dan memilih bahan rotan terbaik untuk produksi kami. Adapun Jenis Anyaman Rotan yang sudah dikenal oleh publik adalah: Anyaman Dua Sumbu, Anyaman Tiga Sumbu, Anyaman Empat Sumbu, Anyaman Bilik atau Anyaman kepang, Anyaman Teratai, Anyaman Cengkih, Anyaman Lilit, Makrame.

2.Desain Dekorasi Interior dan Produk. Berbagai desain produki dekorasi interior rumah, dekorasi interior hotel, dekorasi interior apartemen, dekorasi interior kantor / perkantoran, dekorasi interior villa dan banyak lainnya tumbuh sangat pesat sejak masa pandemi, sejalan dengan tingginya proyek pembangunan di semua bidang termasuk rumah / perumahan.

3.Detail ketepatan ukuran produk. Untuk melayani produk produk pesanan khusus (custom) tepat desain, tepat ukuran dan tepat waktu adalah kunci utama. Setelah desain disepakati, ukuran harus ditentukan. Seringkali ukuran pada desain ketika diterapkan pada produk masih kurang tepat, sehingga harus dilakukan diskusi ulang sebelum diproduksi massal. Komunikasi antara desainer, produsen, pemilik usaha hingga pihak ketiga seperti penyandang dana untuk proyek besar harus selalu sinkron.

kursi sudut rotan sintetis minimalis

kursi sudut rotan sintetis

4. Rapi dan rapet dalam menganyam rotan.

5.etos kerja pengrajin kayu dan anyaman rotan. PT.Rotan Jepara telah bergelut dengan Industri Rotan selama lebih dari 15 tahun, sering mengalami situasi situasi sulit dan pahit serta jatuh bangunnya usaha ini. Belajar dari pengalaman pengalaman tersebut tim kami sangat terseleksi. Jaringan pengrajin dan tukang kayu yang telah kami bina, baik yg bekerja didalam pabrik kami sendiri maupun yang bekerja di bengkel kerja masing masing, harus mengikuti aturan main yang telah kita tetapkan demi menjaga kualitas kayu serta hasil kerja kayu itu sendiri. Demikian juga untuk jaringan tenaga penganyam yang kami kelola, 10 jam dalam sehari selalu di tunggui dan dipandu sistem kerja nya oleh tim mandor atau supervisor kami, guna menjaga kualitas kerapian anyaman, warna rotan, jenis rotan hingga jumlah anyaman tiap media.

6.Mengendalikan Kualitas hingga tahap akhir. Sekali kita tekankan bahwa Kualitas Produk adalah tanggung jawab utama kami sebagai produsen. Untuk itulah kami tidak mau main main dengan sistem kendali mutu yang sudah kita terapkan. Pelanggan lama kami dah memahami untuk proses produksi berbagai item dengan jumlah berapapun, rata-rata waktu persiapan hingga pengerjaanya adalah 45 hari, dan kadang kadang hingga waktu pengiriman adalah 60 hari. Proses ini adalah untuk item custom atau pesanan khusus. Untuk regular order rata rata waktunya 27 – 36 hari. Faktor pengereingan kayu dan kekeringan rotan menjadi hal mendasar utama yaitu 2 – 3 minggu untuk proses pengeringan bahan baku.

7.Atur ketepatan waktu kirim secara maksimal. Waktu pengiriman atau jadwal kirim sering menjadi kendala ketika terjadi pemesanan. Seringkali pembeli melakukan transaksi order kepada kami, pada saat saat akhir mereka ambil keputusan setelah seleksi banyak supplier dengan target waktu selesai yang tinggal hitungan Hari atau hitungan 2 mingguan. Bagi kami hal ini harus kami hindari, karena Kualitas bukan buat main main. Produk bagus tercipta dengan situasi yang nyaman dan psikologis tim produksi yang tidak dalam tekanan. Untuk itu mohon maaf bagi calon pembeli siapapun, kami utarakan bahwa produksi kami terukur dan telah teruji sehingga kami tidak bersedia mengikuti aturan main yang kami yakin tidak mampu mengikutinya, kami persilahkan untuk mencari supplier rotan lainnya yang bersedia berproduksi dibawah standard.